Untuk tips listening – terutama tentang lagu sebagian sudah saya jelaskan pada potingan terdahulu, coba lihat lagi disini.

Selanjutnya saya ingin menjelaskan lebih banyak lagi tips untuk melatih pendengaran kita agar terbiasa dengan bahasa inggris untuk itu kali ini saya bagi menjadi dua bagian.
Pertama : Belajar listening dengan Lagu
Kedua : Belajar listening dengan Berita..

Sebenarnya saya juga pengin menjelaskan bagaimana dengan memanfaatkan film – tetapi sayangnya saya tidak begitu suka nonton film sehingga kurang valid rasanya bila saya yang menjelaskan. Mudah-mudahan ada pembaca yang mau berbagi di sini.. saya tunggu dan dengan senang hati akan saya posting disini.

Belajar listening dengan Lagu

1. Memilih lagu: apa saja yang perlu dipilih? Yang jelas lagunya harus bisa didengarkan.. : ) Lho emang ada yang tidak bisa didengarkan? Ya, ada saja … lagu-lagu trash metal dan rap yang terlalu cepat benar-benar tidak bisa didengarkan syairnya.. karena terkadang kalah dengan ingar bingar musiknya.

Selanjutnya, pronouncation (pengucapan) dari sang penyanyi harus jelas untuk itu memang kita perlu pilih-pilih. Pengalaman saya selama ini, biasanya, sekali lagi biasanya.. penyanyi yang sehari-harinya tidak berbahasa inggris lebih jelas dalam pengucapannya. Misalnya lagu-lagu dari Michael Learn To Rock (MLTR), itu lumayan, Roxette, Scorpion dan artis-artis dari eropa timur juga bisa. Pengucapan mereka jelas sekali. Meski juga ada beberapa lagu dari penyayi dari inggris dan eropa yang “bisa didengarkan” seperti another day in paradise-nya Phil Collins, atau When the children cry-nya white lion (silahkan dicari di mbah gugel pasti ketemu).

2. Medengarkannya saja!: ya benar-benar mendengarkan saja lagu-lagu yang telah anda kumpulkan itu – dalam bahasa inggrisnya just hear not listen! . Putarlah beberapa kali lagu tersebut.. sambil sesekali ikut menirukan. Hal ini adalah untuk membiasakan telinga anda dengan pengucapan bahasa inggris.

3. Saatnya Menyimak!: ingat mendengar tidak sama dengan menyimak. Mendengar dalam bahasa inggris hear sedangkan menyimak adalah listen. Dalam kegiatan ini anda perlu membawa catatan kecil. Dengarkan dengan seksama lagunya, selanjutny catat beberapa kosakata yang tidak anda ketahui, sekali lagi catat yang tidak anda ketahui saja.

4. Cari di kamus!: setelah kegiatan ketiga tersebut di atas, maka selanjutnya anda cari di kamus kata-kata yang tidak anda ketahui. Yang perlu anda perhatikan adalah arti satu kata adalah tergantung dari konteks kalimatnya. Seperti kata take, bisa berarti mengambil atau bahkan minum obat.

5. Tulis semua lirik : jika semua kata yang sukar telah anda temukan dan catat. Maka selanjutnya adalah mendengarkan sekali lagi lagu tersebut, selanjutnya usahakan tulis lirik tersebut secara utuh. Kemudian coba artikan secara keseluruhan, apa tidak ada yang janggal antara satu kalimat dengan yang lain. Kalau pengin lebih akurat coba anda cari di mabh gugel dan cocokkan… kalo lagunya nggak terlalu baru saya kira pasti akan ketemu… kalo belum ada ya punya anda diposting di blog ini saja🙂

Happy listening!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s