OLEH:
I Gede Galang Surya Pradnyana/VIA/09.8.03.51.31.2.5.3018

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
Universitas Mahasaraswati Denpasar
2012

ABSTRAK
Proses pembelajaran merupakan salah satu kegiatan pelaksanaan kurikulum di dalam suatu lembaga pendidikan yang dapat berlangsung dengan baik apabila metode, teknik, media yang digunakan tepat. Salah satu jenis media pembelajaran, yaitu Projected Motion Media menggunakan film, komputer dan sejenisnya. Penggunaan komputer sebagai media pembelajaran cocok untuk pembelajaran bahasa inggris terutama untuk materi yang memerlukan animasi, visualisasi, dan warna agar membuat materi lebih menarik.
Salah satu software yang dapat dimanfaatkan untuk membuat suatu media pembelajaran bahasa inggris mengenai materi Listening and Speaking adalah Microsoft Power Point, dimana software tersebut membantu dalam menyusun sebuah presentasi yang efektif, profesional dan juga mudah dipahami.
PENDAHULUAN

1 . Latar Belakang
Proses belajar mengajar atau proses pembelajaran merupakan salah satu kegiatan pelaksanaan kurikulum di dalam suatu lembaga pendidikan. Agar mengenai sasaran tujuan siswa untuk mencapai pendidikan yang telah ditetapkan maka ada beberapa metode atau teknik. Untuk pencapaian tujuan pendidikan diperlukan metode supaya bahan pembelajaran sampai kepada siswa dengan mudah. Di dalam metode atau teknik pembelajaran ada aspek pendukung misalnya saja metode dan media pembelajaran sebagai alat bantu mengajar. Dengan berkembangnya teknologi informatika yang sangat cepat, ada beberapa pilihan media pembelajaran. Salah satunya menggunakan komputer untuk menjadi media pembelajaran yang dipergunakan untuk siswa Sekolah Dasar (SD). Komputer dapat juga sebagai alat komunikasi melalui internet yang berfungsi untuk mancari informasi di dunia.
Teknologi komputer merupakan sebuah penemuan yang memungkinkan menghadirkan beberapa atau semua bentuk stimulus yaitu hubungan atau interaksi manusia, realita, gambar bergerak atau tidak, tulisan dan suara yang direkam. Sehingga pembelajaran akan lebih optimal (http://www.ialf.edu/kipbipa/papers /OudaTedaEna.doc), namun demikian masalah yang timbul tidak semudah yang dibayangkan. Pengajar atau guru merupakan orang yang mempunyai kemampuan untuk merealisasikan kelima bentuk stimulus tersebut dalam bentuk pembelajaran. Namun kebanyakan pengajar tidak mempunyai kemampuan untuk menghadirkan kelima stimulus itu dengan program komputer.
Solusinya adalah merealisasikan stimulus-stimulus itu dalam program komputer dengan menggunakan aplikasi Microsoft PowerPoint 2007 sehingga dengan demikian para pengajar akan dengan mudah merealisasikan ide-ide pengajarannya. Untuk itu makalah ini membicarakan tentang “pembelajaran menggunakan aplikasi Microsoft PowerPoint 2007 di Sekolah Dasar”.
2. Tujuan
Tujuan dari penyusunan artikel ini antara lain :
a) Mengetahui minat belajar siswa terhadap media pembelajaran bahasa inggris yang memanfaatkan Microsoft PowerPoint.
b) Mengetahui kemampuan untuk menggunakan Microsoft PowerPoint dalam pembuatan media pembelajaran bahasa inggris untuk Listening and Speaking.
c) Sebagai tugas Ujian Akhir Semester dalam mata kuliah IT and Teaching Media.
3. Manfaat
a) Dapat merancang media pembelajaran bahasa inggris berbasis komputer dengan memanfaatkan Microsoft PowerPoint pada pokok bahasan Listening and Speaking.
b) Dapat lebih mengenal software Microsoft PowerPoint.
c) Dapat menjadikan siswa lebih aktif serta lebih memahami materi tentang Listening and Speaking.
d) Dapat berguna bagi perkembangan pendidikan di Indonesia terutama perkembangan media pembelajaran bahasa inggris berbasis komputer.
e) Dapat berguna bagi guru dalam memilih media pembelajaran bahasa inggris yang lebih menarik.
LANDASAN TEORI
Pengertian media pembelajaran secara umum adalah alat bantu proses belajar mengajar. Selain itu, media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan, dapat merangsang pikiran, perasaan, dan kemauan peserta didik sehingga dapat mendorong terciptanya proses belajar pada diri peserta didik. Media pembelajaran mencakup semua sumber yang diperlukan untuk melakukan komunikasi dengan peserta didik. Hal ini bisa berupa perangkat lunak (software) yang berisi pesan atau informasi pendidikan, sedangkan peralatan keras (hardware) merupakan sarana untuk dapat menampilkan pesan yang terkandung dalam media tersebut. Minat belajar yang dimiliki oleh peserta didik diasumsikan mampu meningkatkan prestasi belajarnya. Media pembelajaran menjadi tepat jika penyajian pembelajaran tersebut mampu: hemat waktu di kelas, mudah menampilkan contoh yang ada dalam kehidupan sehari-hari, dapat dikemas lebih menarik perhatian karena bentuk dan warna bisa dimainkan sesuai kecenderungan bentuk dan warna yang disukai peserta didik.
Microsoft PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi Microsoft Office. Microsoft Power Point merupakan salah satu perangkat komputer atau software yang dapat dimanfaatkan untuk membuat suatu media pembelajaran bahasa inggris mengenai materi Listening and Speaking. Microsoft Power Point tersebut membantu dalam menyusun sebuah presentasi yang efektif, profesional dan juga mudah dipahami. Media pembelajaran yang baik harus memenuhi beberapa syarat, yaitu media pembelajaran harus meningkatkan motivasi siswa, harus merangsang siswa mengingat apa yang sudah dipelajari selain memberikan rangsangan belajar baru. Media yang baik juga akan mengaktifkan siswa dalam memberikan tanggapan, umpan balik dan juga mendorong siswa untuk melakukan praktek-praktek dengan benar. Penggunaan komputer sebagai media pembelajaran juga cocok untuk pembelajaran bahasa inggris terutama untuk materi yang memerlukan animasi, visualisasi, dan warna.
HASIL DAN PEMBAHASAN
1. HASIL
Hasil yang diperoleh adalah selain terselesaikannya artikel yang berjudul “MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS LISTENING AND SPEAKING DENGAN MEMANFAATKAN MICROSOFT POWER POINT”, juga dapat terselesaikan suatu media pembelajaran bahasa inggris yang dibuat dengan memanfaatkan software Microsoft Power Point yang digunakan untuk pembelajaran Listening and Speaking yang dapat anda lihat hasilnya di alamat http://galanksurya.files.wordpress.com/2012/06/teaching-media-for-elementary-school.ppt.

2. PEMBAHASAN
Pembuatan media pembelajaran yang memanfaatkan Microsoft Power Point untuk pembelajaran bahasa inggris terdapat beberapa langkah-langkah yang perlu dilakukan. Dasar-dasar penggunaan Microsoft Power Point 2007 sama dengan aplikasi program office yang lain, baik secara penyimpanan maupun cara membuka filenya. Hanya saja, dalam pembuatan sebuah presentasi ada beberapa tahapan yang harus dilakukan. Misalnya, mempersiapkan layout presentasi. Langkah-langkah pembuatan media pembelajaran sebagai berikut.
1. Aktifkan program Microsoft PowerPoint.
2. Membuat Presentasi
Slide pertama presentasi biasanya berisi judul dan subjudul. Secara default, saat program Microsoft PowerPoint 2007 diaktifkan pada lembar kerja akan secara otomatis tampil kotak judul dan subjudul presentasi. Untuk menuliskannya, klik kotak “Click to add title”, lalu ketikan judul presentasi, misalnya seperti berikut:

3. Membuat dan Mengedit Teks.
Untuk menambahkan teks pada desain slide, pilih Ribbon Insert. Pada group Text> klik Text Box, lalu ketikan teks yang diinginkan. Jika teks yang dituliskan tidak sesuai. Anda bisa mengeditnya dengan mengklik teks yang akan diedit.
4. Menggunakan Outline.
Outline adalah bagian dari aplikasi Microsoft Power Point 2007 yang terletak di sisi kiri lembar kerja. Cara menampilkan outline adalah dengan mengklik tab Outline yang terletak di bawah Ribbon. Pada outline akan ditampilkan objek atau teks yang menjadi bagian slide aktif. Anda juga bisa mengedit teks melalui outline dengan cara seleksi teks pada ourline baru kemudian mengedit teks.
5. Membuat catatan.
Anda dapat juga menambahkan catatan pada slide dengan mengklik area “Click to Add Notes” di bawah slide. Setelah itu ketikkan catatan slide yang akan ditambahkan.
6. Menyimpan File Presentasi.
Cara menyimpan file presentasi sama seperti menyimpan file presentasi pada Microsoft Power Point versi sebelumnya dengan save tool pada Quick Access toolbar. Ketikkan nama file dan tujuan yang diinginkan. Pilih Power Point Presentation di bagian Save as Type, dan akhiri dengan mengklik Save.
7. Mengatur Desain Presentasi
Untuk mempercantik presentasi, anda bisa menambahkan desain yang menjadi bawaan dari aplikasi Microsoft Power Point 2007 melalui Ribbon Design. Ribbon itu memungkinkan anda untuk menambahkan desain latar belakang slide dengan mengaktifkan slide, lalu pilih Ribbon Design. Pada group Themes pilih salah satu desain slide. Untuk menampilkan semua pilihan desain, klik Slide yang akan dipilih akan ditampilkan pada halaman kanvas.
8. Mengatur Format teks
Format teks yang dimaksud di sini adalah seperti pengaturan ukuran, jenis font, warna teks dan sebagainya. Untuk mengatur format teks, seleksi teks dan gunakan Group Font dengan mengaktifkan Ribbon Home terlebih dahulu. Pilih salah satu icon untuk mengatur format teks.
a. Menggunakan Kotak Dialog Font
Anda bisa juga mengedit teks menggunakan kotak dialog Font dengan memilih Ribbon Home. Lanjutkan dengan menyorot Group Font, lalu klik anak panah di sudut kanan bawah.
b. Menggunakan Bullet and Numbering
Bullet and Numbering seriing digunakan untuk menuliskan poin-poin bahasan dalam presentasi. Untuk menambahkan Bullet atau Numbering, gunakan cara di bawah ini:
1. Seleksi bagian yang akan ditambah bullet atau numbering.
2. Pilih Ribbon Home> Bullet> atau Numbering pada Group Paragraph.
3. Pilih bentuk bullet atau numbering yang diinginkan.
9. Teknik Penggunaan Warna
Selain teknik pengaturan desain presentasi, teknik penggunaan warna (atau biasa disebut theme) juga mempengaruhi hasil akhir presentasi yang disajikan. Cara mengatur theme adalah dengan memilih Ribbon Design. Kemudian, pilih warna dengan mengklik Color pada Group Themes.

10. Mengubah Warna Background
Jika kurang menyukai warna Background theme, anda bisa mengubahnya melalui Ribbon Design dan memilih Background Style pada Group Background. Akan muncul berbagai warna Background, anda bisa juga mengubah style Background secara manual dengan memilih Format Background pada kotak Background Style. Pada pilihan itu, anda bisa mengatur style lebih detail. Warna yang bisa dipilih juga lebih bervariasi, misalnya warna gradasi, tekstur atau bahkan gambar.

11. Bekerja dengan Gambar dan Sound
Dalam presentasi, penambahan Gambar dan Sound akan memberikan nilai plus tersendiri.
a. Menggunakan Gambar
Penambahan obyek gambar merupakan salah satu komponen pendukung dalam penyajian presentasi. Untuk menambahkan obyek image, pilih Ribbon Insert. Pada group Illustration, pilih Picture. Lanjutkan dengan menentukan direktori file image yang akan ditambahkan dan klik Insert untuk mengakhiri.
b. Menggunakan Sound
Objek suara juga bisa dijadikan objek pendukung presentasi yang disajikan. Untuk menambahkan sound ikuti langkah berikut:
1. Pilih Ribbon Insert.
2. Pada group Illustration pilih Sound.
3. Pilih salah satu sumber file sound:
• Sound from file: untuk memilih file sound dari direktori lain.
• Sound from Clip Organizer: untuk memilih file sound dari Clip Organizer.
• Play CD Auto Track: untuk memilih file sound dari CD.
• Record Sound: untuk memilih file sound yang merupakan hasil rekaman.
Slide yang ditambah sound akan ditandai speaker. Anda bisa memindahkan simbol speaker tersebut pada posisi yang di inginkan. Seperti contoh dibawah ini:

12. Menggunakan Efek Dalam Presentasi
Menyajikan presentasi semenarik mungkin menjadi tujuan utama seorang presenter agar audiens tidak merasa bosan, tetapi merasa nyaman. Salah satu sajian menarik dalam presentasi adalah penambahan efek.
1. Menambah dan menggunakan animasi pada presentasi dilakukan dengan cara berikut:
a. Aktifkan atu tampilkan slide yang akan ditambah animasi.
b. Pilih Ribbon Animation, pilih Animate pada group Animation.
Setelah memilih bentuk animate maka animasi akan ditampilkan pada lembar kerja. Untuk mengulang tampilan animasi klik Preview tool.
2. Mengatur Setting Animasi: pengaturan setting animasi diperlukan untuk menampilkan sajian presentasi secara maksimal. Untuk mengatur setting animasi, lakukan tahapan sebagai berikut:
a.Pilih Ribbon Animation.
b.Pada group Animation pilih Custom animation untuk menampilkan task panes Custom animation di sisi kanan lembar kerja. Pada task panes Custom animation terdapat menu sebagai berikut:
• Change/Add Effect: untuk mengubah atau menambahkan animasi pada objek slide yang diseleksi.
• Remove: untuk menghapus animasi dengan mengklik nomor animasi pada presentasi lalu klik Remove.
• Start: untuk menampilkan objek menjadi slide presentasi, klik mouse. Ada 3 pilihan untuk menampilkan objek yaitu On Click (untuk menampilkan objek dengan mengklik mouse), With Previous (untuk menampilkan objek yang menjadi presentasi secara bersamaan) dan After Previous (untuk menampilkan objek yang menjadi bagian presentasi satu persatu)
• Direction: untuk menampilkan objek dari arah tertentu.
• Speed: untuk mengatur kecepatan animasi setiap objek.
3. Membuat Hyperlink
Hyperlink digunakan untuk menghubungkan antara slide satu dengan slide yang lain. Dapat juga dengan menghubungkan file presentasi satu dengan file presentasi yang lain. Cara menggunakannya sebagai berikut:
a. Seleksi bagian slide yang akan ditambah hyperlink
b. Pilih Ribbon Insert pada group Links pilih Hyperlink.
c. Jika ingin membuat Hyperlink ke file presentasi lain, pilih direktori dan nama file yang akan dijadikan tujuan pada Look In, lalu klik OK.
Jika ingin membuat hyperlink ke slide lain yang masih ada dalam satu file presentasi yang sama, klik tombol Bookmark. Setelah itu, pilih nama slide yang akan dijadikan link tujuan anda.
4. Menggunakan perintah action.
Hampir sama dengan fungsi dan penggunaan hyperlink, action juga bisa digunakan untuk membuat hubungan antara slide satu dengan slide yang lain, serta hubungan antara file presentasi satu dengan file presentasi lain. Namun begitu, action di sini bisa digunakan untuk menghubungkan file presentasi anda dengan file dari program aplikasi lain. Biasanya action pada PowerPoint berupa objek tombol. Dengan begitu anda harus membuat tombol terlebih dahulu, baru kemudian dapat membuat sebuah action. Cara membuat tombol sebagai berikut.
a. Pilih Ribbon Insert, pada group Illustration> Shape.
b. Pilih salah satu bentuk tombol pada kategori Action Button.
c. Buat tombol pada lembar kerja.
d. Pilih action yang diinginkan. Hyperlink to (untuk membuat action berupa hyperlink ke slide lain atau file presentasi lain). Run Program (untuk mengaktifkan file dari program aplikasi lain) misal, Microsoft Excel 2007 atau Microsoft Word 2007.

13. Membuat Dan Menjalankan Slide Show
Penambahan Slide Show semakin menangguhkan PowerPoint sebagai salah satu program terbaik untuk presentasi. Untuk menambahkan Slide Show, anda bisa memanfaatkan Ribbon Slide Show.
a. Mempersiapkan Slide Show
Tahap pertama pembuatan Slide Show adalah mempersiapkan slide yang akan disajikan dengan memilih From Beginning atau Current Slide Show pada group Start Slide Show. Jika ingin menyajikan slide secara berurutan, anda bisa menggunakan langkah sebagai berikut:
1. Pilih Ribbon Slide Show.
2. Pada group Start Slide Show> Custom Slide Show> Custom Show, lalu klik New.
3. Akan muncuil kotak dialog Define Custom Show. Kemudian ketikkan nama yang anda inginkan pada “Slide Show Name”
4. Pada bagian Slides in presentation, pilih slide yang akan disajikan pertama kali.
5. Klik tobol Add.
6. Pilihan yang diklik akan berpindah ke kotak dialog Slide in custom show.
7. Setelah selesai mengurutkan klik OK.
8. Klok close untuk kembali ke lembar kerja presentasi. Atau klik show untuk menampilkan pengaturan slide show.
Untuk menampilkan Custom show yang sudah dibuat, pilih Ribbon Slide Show, pilih Custom Slide Show, pilih nama custom show yang diinginkan.
b. Merekam Narasi (Naration)
Sebelum narasi presentasi dibuat, pastikan PC sudah dilengkapi dengan perangkat Headset. Setelah semua perangkat dilengkapi, anda bisa membuat narasi dengan langkah sebagai berikut:
1. Pilih Ribbon Slide Show.
2. Pilih group Set Up> Record Naration.
3. Lakukan tes pada perangkat headset dengan mengklik tombol Set Microphone level. lakukan tes suara pada jendela Record Naration dan klik OK untuk mulai merekam suara.
4. Setelah selesai tekan Esc untuk mengakhiri.
5. Klik Save untuk menyimpan hasil rekaman.
6. Hasil rekaman yang dibuat akan langsung ditampilkan pada slide show.
c. Menyembunyikan Slide
Jika slide tidak digunakan, anda bisa menyembunyikanya dengan memilih Ribbon Slide Show, kemudian aktifkan slide yang disembunyikan. Pada group Set Up pilih hide Slide. Dengan begitu, slide yang disembunyikan akan diberi tanda khusus.
d. Menyimpan CD Presentasi
Untuk menyimpan presentasi pada CD langkahnnya sebagai berikut:
1. Klik Logo Office yang terletak dikiri paling atas layar anda lalu klik Publish.
2. Pilih Package for CD.
3. Ketikan nama CD pada kotak Name the CD.
4. Klik Add Files untuk memilih nama file presentasi yang akan dikopi ke dalam CD.
5. Tentukan direktori dan nama file presentasi yang diinginkan.
6. Klik Add.
7. Tahap selanjutnuya, klik Copy to CD dan lakukan burning file menggunakan
program aplikasi CD Burning, misal Ahead Nero.

SIMPULAN DAN SARAN
1. SIMPULAN
Berdasarkan uraian-uraian yang telah dibahas sebelumnya, maka dapat ditarik beberapa simpulan bahwa :
a) Membantu seorang guru untuk membuat siswa lebih tertarik dalam belajar bahasa inggris mengenai Listening and Speaking dengan penggunaan media pembelajaran bahasa inggris yang memanfaatkan Microsoft Power Point dalam pembuatan media tersebut.
b) Melatih mahasiswa yang khususnya dalam bidang pendidikan (calon guru) dalam penggunaan Microsoft Power Point dalam membuat media pembelajaran yang menarik, terutama dalam penyusunan materi untuk proses pembelajaran.
c) Penulisan artikel ini merupakan Ujian Akhir Semester VI untuk Mata Kuliah IT and Teaching Media yang diberikan oleh dosen pengampu.

2. SARAN
Adapun saran-saran yang dapat disampaikan oleh penulis sehubungan penulisan artikel ini yaitu mahasiswa diharapkan bersedia mempelajari dan mengembangkan lebih lanjut mengenai pembuatan media pembelajaran bahasa inggris dengan memanfaatkan Microsoft Power Point, memperbanyak pemahaman dan mengembangkan Microsoft Power Point, serta pembahasan artikel ini dapat berguna dalam pembuatan suatu media pembelajaran bahasa inggris yang berbasis komputer khususnya Microsoft Power Point.

DAFTAR PUSTAKA
http://tomdhut.blogspot.com/2008/12/pembelajaran-menggunakan-aplikasi.html
http://www.improve7.com/2011/04/cara-menggunakan-microsoft-2007.html
http://belajarpsikologi.com/pengertian-media-pembelajaran/

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s